Menu
agenproperticikarang.com

Lokasi Strategis | Cari Properti Terbaik | Investasi Terpopuler

0852 1063 8788

Any Want Info Please Call Me Now

Memilih Baja Ringan Untuk Rumah Zaman Now

Thursday, March 22nd 2018.

 

Ditengah begitu banyaknya pilihan produk baja ringan saat ini, konsumen perlu menajamkan mata dalam Memilih Baja Ringan Untuk Rumah Zaman Now . Bukan hanya dengan membandingkan tawaran dari masing- masing pabrikator atau distributor, tetapi juga dengan memahami material rangka atap baja ringan secara utuh. Yang mungkin sudah banyak diketahui adalah sifat – sifat umum dari baja ringan, bahwa baja ringan antirayap, bahayanya ringan dan kuat, tahan karat, tidak mudah susut, tidak mudah lapuk, serta tahan api hingga 500°c.

Pemasangan rangka atap bajaringan juga dijamin presisi,cepat dan rapi. Semua keterangan ini umum muncul di dalam iklan atau brosur. Masing- masing fabrikator terbiasa menmorsatukan dagangannya, dan sebaiknya anda jangan langsung terkesan dengan hal itu.

Tidak Superkuat

Berbeda dengan baja konvensional baja ringan adalah baja High Tensile G 550. Sebaiknya, Anda mendapatkannya dari produsen ternama yang bisa menunjukkan sertifikasi baja yang digunakan memang benar – benar G-550 dan bukan G-300 yang tidak cocok untuk rangaka atap. Tebal lembaran baja ringan yang beredar di indonesia bervariasi, antara 0,5mm – 1mm. Baja ringan terbuat dari:

  • Campuran baja
  • carbon
  • Manganese
  • silicon
  • copper

Begitu tipis ,kekuatannya jelas tidak sama dengan baja biasa. Dibandingkan balok kayu berkualitas baik, potensi kegagalan struktur atap baja ringan dalam menopang beban bisa dibilang cukup tinggi. Karena daya tariknya yang besar,maka kesalahan perhitungan di satu kuda- kuda dapat menyeret struktur untuk runtuh. Itulah sebabnya konstruksi atap baja ringan harus didesain dengan teliti menggunakan bantuan software dan dipasang oleh tenaga ahli.

Relatif tahan gempa ( tergantung struktur yang menopangnya) , musuh yang harus diperhatikan lebih serius justru angin. Pastikan Memilih Baja Ringan Untuk Rumah Zaman Now, Dalam konstruksi baja ringan memiliki ketahanan lebih tinggi terhadap kecepatan rata-rata angin di indonesia, yang mencapai sekitar 25m/detik. jenis penutup atap yang digunakan pun berpengaruh terhadap kekuatan rangka baja ringan terhadap angin hisap.

Yang menggunakan genteng keramikatau beton biasanya lebih tahan ketimbang yang menggunakan genteng metal. Kontruksi atap baja ringan pun harus menumpu langsung pada ringbalk ( balok pengaku) sebagai penyalur gaya,agar dapat merata. Jadi, bila konstruksi rumah belum memiliki ringbalk, maka tukang anda harus membuatnya terlebih dahulu. Dengan menggunakan rangka atap baja ringan, penggunaan tipe atap pelana pada desain tidak bisa menerapkan tritisan overstek yang lebih dari 1m tanpa penyangga tambahan.

Mendapat Lapisan Antikarat

Agar tidak berkarat, baja ringan dijual langsung dengan dilapisi bahan antikarat. Dua pelapis antikarat yang umum digunakan saat ini adalah galvanis dan zincalume (aluminium zinc). Baja ringan galvanis menggunakan bahan seng sebagai pelapis. Baja ringan zincalume berlapis bahan seng, aluminium dan silikon. Dua hal yang menjadi momok bagi lapisan antikarat adalah air garam dan adukan semen.

Memilih Baja Ringan Untuk Rumah Zaman Now Baja ringan galvanis disebut – sebut lebih tahan terhadap adukan semen, namun kurang tahan air garam . Dari situlah muncul anggapan bahwa konstruksi baja ringan lebih cocok untuk atap berpenutup genteng beton atau keramik, uyang memang memerlukan nok/bubung berisi adukan semen ( karpusan). namun saat ini sudah ada produsen baja ringan tambahan berupa resin coating untuk menahan efek adukan semen. Yang menerapkan hal ini adalah Bluescope Lysaght Indonesia.

Sebaiknya, ada pula anggapan yang kurang tepat tentang baja galvanis, produsen rangka baja ringan galvanis steel fast , melihat konsumen dalam Memilih Baja Ringan Untuk Rumah Zaman Now sering mengganggap baja ringan berlapis aluminium zinc lebih baik daripada galvanis. padahal, yang menentukan adalah ketebalan lapisan yang dipakai, bukan jenis lapisannya. Berdasarkan standar umum yang berlaku di berbagai negara, seperti amerika,australia, dan jepang, ketebalan lapisan aluminium zinc tidak boleh kurang dari 150 gram/m²,sedangkan untuk lapisan galvanis tidak kurang dari 180 gram/m². Sebaiknya, konsumen memastikan hal tersebutsebelum memilih baja ringan dari produsen mana pun.

Memang,cukup sulit untuk bisa memastikan ketebalan lapisan antikarat secara visual. Pengecekannya harus dilakukan di laboratorium. Yang paling mudah adalah meminta jaminan tertulis ( sertifikat), berapa ketebalan lapisan yang akan dipakai. Harap ingat, ketebalan lapisan antikarat yang dipakai berpengaruh terhadap usia pakai baja ringan.

Proses Konstruksi Harus Di cek dalam Memilih Baja Ringan Untuk Rumah Zaman Now

Ada dua metode perakitan kuda – kuda untuk rangka atap yang dilakukan produsen. Pertama adalah perakitan langsung di lokasi proyek. Hal ini dimaksudkan agar konstruksi lebih fleksibel terhadap kondisi bangunan dan memudahkan pengankutan. Memang tetap ada risiko kuda- kuda yang dibuat tidak rapi, tidak seragam, atau tidak sesuai dengan gambar desain.

Namun, selama pemasangnya adalah tenaga ahli dengan prosedur pengawasan dan pengecekan ketat dilapangan, tak perlu khawatir. Bluescope Lysaght Indonesia konsiten menerapkan produser ini dengan tenaga pemasang yang bersertifikat dan prosedur cek berlapis. lain lagi dengan Pryda Indonesia, yang merakit kuda- kuda langsung di pabrik demi ketepatan konstruksi. Untuk mence]gah kesalahan ukur, petugasnya mengukur ulang bangunan secara langsung sebelum konstruksi dibuat.

Perakitan menggunakan mesin,sehingga mutu kuda- kuda terjamin rapi dan akurat, pekerjaan lebih nyaman,tidak terganggu cuaca dan kontrol pemasangan SDS terjamin. Jelas sudah rangka atap baja ringan aman untuk digunakan dan merupakan solusi menarik membangun dan merenovasi rumah disaat ini. Agar bekerja optimal, material ini perlu ditangani langsung oleh konsultan desain, fabrikator dan tenaga pemasang yang benar – benar ahli.

Incoming search terms:

Properti Terbaru

Rekomended
Tempat Strategis Untuk Usaha | Jl.H.Nawi Raya | Pondok Indah

Tempat Strategis Untuk Usaha | Jl.H.Nawi Raya | Pondok Indah

30,000,000,000 ( Bisa Nego )
Jalan Haji Nawi Raya
Lt/Lb : 524 m2 m² / 315 m2 m²
Lihat Detail »
Rekomended
Jual Rumah di Pondok Indah| Harga TerRamah|Design Sangat Wah

Jual Rumah di Pondok Indah| Harga TerRamah|Design Sangat Wah

25,000,000,000 ( 25 Miliyar )
Taman Kencana Pondok Indah
Lt/Lb : 408 m² / 800 m²
Lihat Detail »
Limited
Luar Biasa Villa Taman Mumbul Nusa 2 Bali Potensi Sewa Miliar

Luar Biasa Villa Taman Mumbul Nusa 2 Bali Potensi Sewa Miliar

6,5 Miliar ( Nego )
Taman Mumbul Nusa Dua Kuta Selatan
Lt/Lb : 350 m2 m² / 300 m2 m²
Lihat Detail »
Rekomended
Rumah Dijual Ulujami Jakarta Selatan |Harga Bisa Digilas Gan

Rumah Dijual Ulujami Jakarta Selatan |Harga Bisa Digilas Gan

4,000,000,000 ( Bisa Nego)
jl. perdatam ulujami
Lt/Lb : 598 m2 m² / 280 m2 m²
Lihat Detail »